Bisnis

KESALAHAN PENYEBAB GAGALNYA JUALAN ONLINE

online shopping
Jualan online memang menawarkan banyak kemudahan jika anda bisa memanage dengan baik dan anda mengerti strategi pemasarannya. Namun, dalam berjualan online juga kerap terjadi kesalahan- kesalahan yang menjadikan anda gagal menjual produk. Untuk itu, anda perlu mengenali apa saja kesalahan- kesalahan tersebut sehingga anda bisa mengantisipasi untuk tidak melakukannya. Kesalahan biasanya terjadi dalam dua hal yaitu saat mulai membuka toko online. Kedua, saat penambahan produk yang akan anda jual. Berikut adalah tips jualan online yang bisa anda praktekan untuk bisnis online anda.

online shoppingJualan online memang menawarkan banyak kemudahan jika anda bisa memanage dengan baik dan anda mengerti strategi pemasarannya. Namun, dalam berjualan online juga kerap terjadi kesalahan- kesalahan yang menjadikan anda gagal menjual produk. Untuk itu, anda perlu mengenali apa saja kesalahan- kesalahan tersebut sehingga anda bisa mengantisipasi untuk tidak melakukannya. Kesalahan biasanya terjadi dalam dua hal yaitu saat mulai membuka toko online. Kedua, saat penambahan produk yang akan anda jual. Berikut adalah tips jualan online yang bisa anda praktekan untuk bisnis online anda.

Tidak Mengetahui Produk Yang Akan Dijual

Mengetahui produk yang laku dijual sangatlah penting dalam berjualan online. Berasumsi saja tidak cukup terlebih jika anda hanya mengejar iming- iming laba dari supplier jika anda memposisikan diri sebagai reseller atau dropshipper. Jualan online yang dilakukan seperti ini biasanya sulit berkembang bahkan bisa saja segera tutup, mengapa? alasannya adalah; anda menjual produk yang tidak dibutuhkan. Untuk mengetahui barang anda dibutuhkan atau tidak, lakukanlah validasi pasar. Jadi, hal ini sebaiknya dilakukan sebelum anda buka toko online baik dengan website maupun dengan memanfaatkan market place yang sudah tersedia di internet.

Tidak Memperhatikan Validasi Pasar

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa anda harus melakukan validasi pasar agar produk anda sesuai dengan yang dibutuhkan costumer. Bagaimana cara melakukan validasi pasar? berikut penjelasannya.

  1. Ukur permintaan

Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan Google adwords untuk pengecekan. Aplikasi ini berguna untuk mengecek keyword yang banyak dicari oleh para pelanggan online. Anda bisa login dengan menggunakan email yang anda miliki. Setelah login, anda akan menjumpai kolom yang harus anda isi yaitu ketik produk dan pilih lokasi. Setelah anda mengetik produknya, dalam hitungan detik saja anda akan melihat berapa banyak produk tersebut dicari oleh pelanggan.

  1.             Prediksi tren

Selain mengukur permintaan, anda juga harus bisa memprediksi tren. Segala produk yang dijual biasanya sifatnya musiman. Untuk mengetahui hal ini, anda perlu memanfaatkan Google Trend dengan mengetikkan nama produk di dalamnya. Jadi dalam aplikasi tersebut anda akan mengetahui seberapa stabil produk yang akan anda jual.

  1.             Ukur kompetisi

Mengukur kompetisi juga penting untuk anda. Semakin banyak suatu produk tersebut dijual, maka hal itu menandakan bahwa peminatnya juga banyak. Penjual yang sukses berarti mereka satu- satunya penjual produk tersebut. Sebaiknya hindari menjual produk yang kurang bahkan tidak ada pesaing karena hal ini adalah tanda kurangnya permintaan pasar.