Sejarah

Sekilas dari Sejarah Dunia Percetakan

percetakan
Saat ini, jasa percetakan menjadi hal yang banyak dibutuhkan, sehingga dunia percetakan terus berkembang seiring dengan alat-alatnya yang juga tambah modern. Namun tahu atau tidaknya tentang sejarah percetakan mungkin banyak yang luput tentang hal ini. Bahkan, sejarah dari percetakan telah memiliki catatan tersendiri yang berdiri sejak dulu.

percetakanSaat ini, jasa percetakan menjadi hal yang banyak dibutuhkan, sehingga dunia percetakan terus berkembang seiring dengan alat-alatnya yang juga tambah modern. Namun tahu atau tidaknya tentang sejarah percetakan mungkin banyak yang luput tentang hal ini. Bahkan, sejarah dari percetakan telah memiliki catatan tersendiri yang berdiri sejak dulu.

Dalam sejarahnya, percetakan telah mencatat tanggalnya pada sebuah dinding gua yang memiliki umur berabad-abad yang lalu, yaitu tiga puluh ribu tahun yang lalu. Pada masa 2.500 B.C., masyarakat Mesir telah mengukir tulisan hieroglyphics pada sebuah batu. Namun jika dikaitkan dengan percetakan di zaman sekarang ini, percetakan memulai perkembangannya sekitar kurang lebih lima ratus tahun yang lalu.

Di awal dengan bangsa Cina yang menemukan kertas pada awal abad atau abad pertama dan juga alat bernama moveable type dengan tanah liat sebagai bahannya pada sekitar abad ke 11. Sedangkan pada abad pertengahan ke 13, orang Korea mulai membuat alat tersebut dengan bahan perunggu. Seiring dengan perkembangannya, sekalipun tidak secara detil disebutkan namun di abad ke 15, bangsa Eropa kemudian melakukan percetakan pada sekitar abad 15.

Di Eropa, sebelum percetakan ditemukan, semua informasi yang berkaitan dengan tulisan atau buku ditulis secara manual dengan tangan. Dengan hati-hati, para ahli tulis seringkali menghabiskan waktu hingga bertahun lamanya hanya untuk menyelesaikan satu jilid buku saja. Tentunya, metode yang sangat lambat dan juga mahal sehingga hanya sedikit orang yang memiliki kesempatan untuk membaca hingga selesai atau menemukan buku yang seringkali terbatas.

Tahun 1440, penemu bernama Johann Gutenberg kemudian membuat mesin percetakan sehingga mampu membuat buku dan juga bahan bacaan lain yang lebih banyak persediannya dan bisa dibaca secara umum oleh masyarakat karena penyebarannya yang juga banyak. Kemajuan pesat terus terjadi dalam dunia percetakan karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat itu khususnya di tahun 1800-an.

Untuk perkembangan cetak modernnya, akhir tahun 1900-an, teknologi dan juga barang elektronik yang semakin berkembang membawa perubahan pada dunia industri percetakan. Sehingga kemajuan surat kabar juga ikut berkembang. Itulah sekilas mengenai sejarah percetakan yang berkembang hingga saat ini.

About the author

admin s

Add Comment

Click here to post a comment