Bisnis

Peluang Dan Kendala yang Dihadapi Ekonomi Islam di Indonesia

Peluang Dan Kendala Yang Dihadapi Ekonomi Islam Di Indonesia
Indonesia menjadi negara yang tepat untuk mengembangkan ekonomi Islam, terbukti dengan angka penduduk muslim yang sangat tinggi. Ini merupakan sebuah peluang besar yang akan membangkitkan gairah berbisnis.

Indonesia merupakan sebuah negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keyakinan jika Islam tidak hanya diwujudkan dalam bentuk ritualisme ibadah saja dan dipandang dari sisi parsial. Akan tetapi, Islam merupakan sebuah agama yang bersifat universal dan berkaitan erat dengan segala pengembangan dan perbaikan di berbagai sektor kehidupan, termasuk di dalamnya sektor ekonomi. Sektor ekonomi merupakan salah satu sektor terpenting yang menjadi sentral dalam pembangunan sebuah bangsa, dan Islam menjawabnya dengan menghadirkan tatanan kegiatan ekonomi dan keuangan secara islami dan mengikuti nilai-nilai kehidupan dari Ilahi.

Indonesia menjadi negara yang tepat untuk mengembangkan ekonomi Islam, terbukti dengan angka penduduk muslim yang sangat tinggi. Ini merupakan sebuah peluang besar yang akan membangkitkan gairah berbisnis secara islami di kalangan masyarakat. Sudah sepatutnya umat muslim kembali pada fitrahnya masing-masing, yaitu dengan mewujudkan sebuah sistem muamalah yang telah diajarkan Rasulullah. Partisipasi dari segala elemen bangsa sangat dibutuhkan untuk membangun ekonomi Islam, baik dari pemerintah, pengusaha, ulama, cendikiawan, pengelola lembaga keuangan, institusi pendidikan, akademisi dan praktisi, dan lainnya. Dengan kata lain untuk mewujudkan sistem ekonomi yang islami, maka akan sangat dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari seluruh umat muslim. Ekonomi mikro maupun makro harus bisa dikelola dengan bijak berdasarkan ketentuan Islam untuk mensejahterakan umat dan ini merupakan salah satu tujuan ekonomi Islam dalam memaslahahkan umat.

Pada dasarnya, terdapat beberapa kendala yang menjadi penghambat dalam pengembangan ekonomi islam, antara lain seperti keterbatasan permodalan di bidang pengembangan lembaga keuangan, peraturan pemerintah yang belum mendukung, pemahaman umat yang masih sangat minim tentang ekonomi islam, keterbatasan SDM yang berkompeten di bidang pengembangan ekonomi Islam,  sosialisasi yang belum terealisasi dengan sempurna, dan masih banyak yang lainnya. Semua itu pada dasarnya bisa diatasi dengan kerja sama dari seluruh elemen muslim yang ada di Indonesia saat ini. Sistem ekonomi yang sesuai ajaran Islam bisa terlaksana dan menjadi salah satu penopang besar untuk kebangkitan perekonomian umat Islam di masa yang akan datang.