Rumah

Perbedaan Genteng Tanah Liat dan Genteng Baja Ringan

Genteng metal sudah populer dipakai di perumahan modern
Genteng tanah liat banyak digunakan pada perumahan lama, sedangkan genteng metal banyak digunakan pada perumahan modern. Salah satu merek genteng metal yang populer adalah genteng metal Multiroof.

Fungsi utama dari atap rumah adalah melindungi bangunan rumah dari panas, dingin, hujan dan angin. Namun selain dilihat dari segi fungsionalitasnya, pemasangan genteng juga memiliki nilai estetika tersendiri yang dapat menambah keindahan bangunan atau rumah itu sendiri. Oleh karenanya kini banyak variasi genteng yang digunakan oleh para pengembang tergantung pada tuntutan dari pihak konsumen. Di Indonesia sendiri ada dua jenis genteng yang sering kita jumpai yaitu genteng tanah liat dan genteng baja ringan. Masing-masing genteng tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing, tergantung pada aplikasi bangunan seperti apa yang digunakan.

Genteng tanah liat adalah salah satu genteng yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Keunggulannya terdapat pada harganya yang relatif terjangkau, mudah dicari di toko bangunan. Tersedia dalam berbagai model dan bentuk serta memiliki karakter yang kuat yakni tetap aman saat diinjak, tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim, aman dari serangga serta mudah dipasang. Sesuai dengan namanya, genteng jenis ini terbuat dari tanah liat yang diproses melalui proses pencetakan dengan cara ditekan atau dipanaskan dengan bara api bersuhu tinggi, sehingga menghasilkan karakteristik genteng tanah liat yang memiliki daya tahan yang kuat.

Sedangkan genteng baja ringan adalah genteng yang terbuat dari material logam (baja). Genteng baja ringan biasanya memiliki ukuran yang lebih luas dan lebih tebal dibanding genteng lain. Karena memiliki dimensi yang lebih luas, maka untuk memasangnya pada atap rumah, dibutuhkan waktu yang relatif lebih cepat karena dengan jumlah genteng yang sedikit, area atap yang tertutup lebih banyak. Hal ini berarti pula bahwa penggunaan material genteng jenis baja ringan lebih sedikit dibandingkan jenis genteng biasa. Dan secara tidak langsung dapat menekan biaya yang dikeluarkan untuk pembelian material genteng. Berbeda dengan genteng tanah liat, genteng baja ringan memiliki keunggulan dalam hal tidak mudah berlumut.

Penggunaan genteng baja ringan umumnya lebih diminati oleh para pengembang karena tidak mudah rusak atau pecah terutama ketika harus dikirim melalui jalur darat. Hal ini sangat berbeda dengan genteng dari tanah liat yang mudah pecah ketika terjatuh atau dibawa melalui jalur darat dengan medan yang terjal, tentu genteng tanah liat yang beberapa akan rusak setelah sampai tempat tujuan.

Selain itu pemasangan genteng baja ringan atau genteng metal relatif lebih mudah dibanding genteng tanah liat. Karena genteng tanah liat harus dipasang secara presisi antara pasangan genteng yang satu dengan genteng yang lainnya. Sedangkan pada genteng baja ringan, pemasangannya dapat menggunakan sekrup sehingga tidak perlu mencari pasangan genteng yang tepat agar tidak terdapat celah pada atap rumah. Genteng tanah liat banyak digunakan pada perumahan lama, sedangkan genteng metal banyak digunakan pada perumahan modern. Salah satu merek genteng metal yang populer adalah genteng metal Multiroof.

About the author

admin s

Add Comment

Click here to post a comment