Politik

Kendala Pelaporan Rekapitulasi DPT Untuk 6 Provinsi

Daftar Pemilih Tetap Untuk Pemilu
Ada berbagai hal yang menjadi perhatian utama terkait persiapan pemilu presiden 2019 yang memang sangat penting untuk dipertimbangkan dengan baik. Perbaikan juga terus dilakukan agar sistem yang berjalan dapat lebih optimal lagi nantinya.

Politik hari ini – Menjelang pemilu presiden yang akan diadakan pada Bulan April memang terus dilakukan persiapan yang matang, dalam politik hari ini tim Jokowi juga terus memantau berbagai persiapan tersebut. Ada berbagai hal yang menjadi perhatian utama terkait persiapan pemilu presiden 2019 yang memang sangat penting untuk dipertimbangkan dengan baik. Perbaikan juga terus dilakukan agar sistem yang berjalan dapat lebih optimal lagi nantinya.

Fokus Pada DPT di Jawa Barat dan Jakarta

Berdasarkan informasi yang didapatkan, tim Jokowi-Ma`ruf Amin akan fokus pada jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jawa Barat dan Jakarta. Hal tersebut dikarenakan dua provinsi tersebut termasuk dalam 6 provinsi yang ternyata belum melaporkan rekapitulasi DP THP-2. Apalagi berdasarkan pengamatan sebelumnya jumlah pemilih di Jawa Barat ini memiliki peningkatan jumlah yang cukup signifikan, sehingga akan menjadi fokus utama dari tim Jokowi-Ma`ruf untuk ditanggapi secara lebih detail.

Tentunya ada berbagai pertimbangan yang telah dilakukan oleh tim pemenangan Jokowi-Ma`ruf terkait hal tersebut. Perhatian terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jawa Barat dan Jakarta akan dilakukan bersama dengan partai koalisi lainnya. Sehingga langkah ini menjadi strategi yang mungkin akan menjadi keputusan tepat bagi tim pemenangan dalam nantinya menghadapi pemilihan presiden 2019. Masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tentu saja bukan hal yang bisa disepelekan.

Adanya Potensi Masalah Pada Proses Pendaftaran Jumlah DPT

Ada beberapa potensi masalah yang dianggap harus diusut dengan baik apalagi terkait pilkada yang dulu keluar dari DPT dan sekarang bisa diambil kembali sebagai DPT. Sehingga wakil Direktur Departemen Saksi TKN Jokowi-Ma`ruf meminta agar KPU segera menyelesaikan masalah IT di website yang dinilai masih banyak terjadi error. Proses perbaikan data DPT yang masih seringkali error seharusnya tidak terjadi di kota besar seperti Jakarta yang seharusnya tidak ada masalah untuk segi IT atau teknis.

Memang sebelumnya pihak KPU sudah memberikan kelonggaran untuk 6 provinsi yang belum melaporkan rekapitulasi DPT selama 30 hari. Beberapa provinsi yang harus segera melaporkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku dan NTT. Alasan dari terlambatnya pelaporan tersebut adalah karena kendala teknis, padahal jika diperhatikan seharusnya Jawa Barat dan Jakarta bisa mengatasi masalah teknis tersebut dengan baik sebagai kota besar yang ada di Indonesia. Maka hal tersebut memang perlu menjadi perhatian dari berbagai pihak terutama KPU agar segera dapat mengatasi masalah yang ada apalagi untuk daerah sentris seperti Jakarta. Maka dalam politik hari ini menuju pemilihan presiden 2019 masih terkendala dengan pelaporan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahap 2 yang seharusnya sudah dilakukan tentunya.

About the author

admin s

Add Comment

Click here to post a comment